Dari Meja Makan Kami


Sebenarnya pengin nulis pake bahasa inggris… persiapan tes TOEFL…tp kagok…

Sebenarnya jg pengin nulis di halaman “From Our Dinning Table”, tp bingung biar kayak ber paragraph2 gitu gmn ya? (yg tau caranya imel ya)

Dari Meja Makan…

Kira2 judulnya spt itu. Knp meja makan? Bisa dibayangkan di meja makan, seorang bapak, beserta istrinya, dan anaknya duduk bersama utk makan. Jangan dibayangin yg jaman dulu, yg makan bapaknya dulu, anaknya kl mau cuma bisa ngintip. Itu mah jaman kita anak nggak boleh menatap wajah bapaknya. Pantang!

Tp bayangin jaman sekarang, sekeluarga makan bersama, ambil nasi dari bakul yang sama, ambil lauk dari piring saji yg sama, (kl perlu spt di semarang, spy bisa ambil jatah lebih banyak lgs ambil dari panci hue hue hue.. jaman sekarang… jaman dulu mah ibu ngirit :p tp kami bahagia kok). Pas makan jg nggak diem2an. Kayak di filem, bapak nanya ke anak gmn sekolahnya, ibu nanya ke bapak gimana kerjaannya, anak nanya ke ibu besok aku dapet tambahan uang saku gak :p heeee…… Tp ya seperti itu lah, penuh dialog, kadang semi basa basi (hayooo istriku, belajarlah berbasa basi sedikit ^_^), kadang penuh kelakar sampe si anak kesedak2 (kayak mas Nunung dulu keselek babat hua hua hua…).

Di meja makan, spt di makan malam, saat di mana bener2 tidak ada perbedaan. Adapun perbedaan justru karena sayang. Misal dulu bapak kalau tau aku ngambil brutu ayam (aku gak tau yg penting lebih gedhe) pasti diambil sama bapak, atau kalau makan sate (jaman dulu dijatah boo… 2 tusk per orang… tp aku bahagia kok bu…), pasti bapak kasi satu untuk aku, satu untuk mas nung, kalo mbak santi… dapet dari ibu🙂

Gak ada perbedaan… sama… sama2 makan … sama2 bercerita … sama2 berdoa sebelum makan… kadang yg sering lupa anak2 paling ya doa sesudah makan (hue hue… dasar anak2 gak tau terima kasih ke Tuhan). Di situ anak bisa menatap wajah bapaknya. Bapak bisa menatap wajah anaknya, apa anak ini lagi ada beban atau nggak. Apalagi kalau nanti anaknya sudah remaja, perempuan lagi, udah pacaran, lagi berantem sama pacarnya… huee… pasti ketauan sama bapak :p

Kenapa sih juga ngomongin perbedaan? Paling terasa di dalam keluarga adalah struktur. Posisi sebagai ayah, biasanya paling disegani, cuek tp penuh tanda sayang, posisi sebagai ibu yg kadang sering diam atau malah paling galak tapi ternyata penuh perhatian, posisi sebagai anak yang selalu berlagak mandiri tp ternyata manja, dsb. Suasana makan biasanya jadi santai, jadi bisa saling cerita. Struktur ada, tp jadi lunak.

Seperti di rumah kami, Hayden memang masih kecil, tp minimal dari kami berdua, meja makan adalah solusi utk mencairkan suasana seharian. Mungkin aku & mama ada masalah spt hari ini, pasti nanti malam, di meja yang sama, aku sudah bisa melihat senyum istriku lagi. Seperti hari ini

One response to this post.

  1. hi papah hayden…pesen2 ya..yg banyak..nanggung ngirimjauh kl gag banyak sekalian…hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: