ISDC 1 Road To Be The Champion of Turnamen Futsal Kemerdekaan 2008


For The Third Times, We Never Change and Cannot Be Changed

Dilanda krisis pemain karena ditinggalkan beberapa pemain utama karena munas dan perjalanan dinas, juga pelatih kawakan Aa’ Bun, ISDC 1 tetap percaya diri dan tanpa beban dalam bermain menghadapi lawan-lawan tangguh sampai akhirnya menjuarai “Speed Up Telkom Futsal Internal Tournament” yang diselenggarakan Telkom Se-Kota Medan. Demikianlah fakta di lapangan Total Futsal Jl Dr Mansyur yang menjadi saksi ketangguhan tim ISDC 1 dalam mempertahankan juara Futsal yang ketiga kalinya. ISDC 1 yang dipimpin oleh manajer tim yang baru yaitu Hadi Mendra dengan asistennya Rahmat Mahodum, didampingi juga oleh Pembina tim Bambang Sutopo, Revi Guspa, dan Adi Kurnia, tetap optimis dapat memberikan yang terbaik di ajang kali ini walaupun hanya memiliki delapan pemain yaitu Edy Rahadi, Edy Pitoyo, Anggiat, Novan, Robby, Aswin, Febri, dan Kokok. Di mana dua tahun yang lalu ISDC 1 mengalahkan tim tangguh dan kawakan yang terkenal terdiri dari pemain-pemain sepak bola lapangan terbaik yaitu Datel Medan, kemudian di tahun 2007 ISDC 1 menghadapi tim muda yang tangkas, enerjik, dan tak kenal lelah yaitu UNER 1, dan tahun ini di 2008, ISDC 1 menghadapi tim unggulan yaitu Finance Center dengan skor 2-0 yang diboyong oleh striker Edy Rahadi.

Babak Perdelapan Final

Sempat tampil statis di pertandingan pertama melawan finalis tahun 2007 yang juga tim unggulan pertama yaitu UNER 1, ISDC 1 akhirnya bangkit dari kebuntuan dan tampil lebih dinamis setelah gol pertama dari Mahmud yang menjadi gol tunggal penentu kemenangan ISDC 1. Pertemuan ISDC 1 dan UNER 1 memang menjadi pertandingan pembuka turnamen futsal tahun ini memang sempat agak membosankan yang dimungkinkan karena kedua tim ini adalah finalis tahun 2007 dan masing-masing tim tampak terlalu berhati-hati. Namun di babak kedua pertandingan sangat menarik, serangan demi serangan dari UNER 1 bangkit membombardir kiper ISDC 1 yaitu Robby C Manurung yang biasanya adalah pemain bek yang kemudian mengemban tugas besar untuk menjaga gawang. Bahkan kesempatan emas berupa tendangan penalty yang diberikan kepada UNER 1 dengan eksekutor nya Phillipus Nanang pun dimentahkannya. Dan Robby yang bertubuh gempal ternyata menjalankan tugasnya dengan sangat sangat baik sehingga sampai akhir final, gawang ISDC 1 tetap perawan.

Babak Perempat Final

Pertandingan kedua di perempat final, ISDC 1 bertemu dengan tim PBP. Kemenangan tipis atas UNER 1 tidak membuat ISDC 1 merasa di atas angin karena PBP memiliki dua kiper bertubuh tinggi besar yaitu Indra Sihombing dan Satyo. Namun ternyata pertandingan berjalan tidak seimbang, Pemain muda ISDC 1 yaitu Aswin, walaupun sempat keluar lapangan sejenak karena sepatu jebol tampil manis dengan assist-assist nya dan sempat mengejutkan lawan dengan dribbling dan tembakan pertamanya. Akhirnya dengan penuh taktis sekali melalui assist dari Mahmud, Anggiat memberikan angka pertama bagi ISDC 1 dengan melayangkan bola ke gawang lawan saat kiper Indra Sihombing lengah. dan pada akhirnya babak pertama ditutup dengan skor 2-0. Tampil makin yakin di babak kedua, ISDC 1 mampu menyarangkan 4 gol lagi ke gawang kiper kedua PBP yaitu Satyo, berbagi-bagi angka antara Novan Hutajulu, Mahmud, dan Edy Rahadi. Pertandingan berakhir dengan skor telak: 6-0

Babak Semi Final

Pertandingan semifinal, ISDC 1 harus bertemu dengan tim favorit sekaligus sahabat di Lantai 4 Kandivre yaitu GS. Menghadapi GS, ISDC 1 menerapkan formasi dinamis yaitu sistem rotasi, di mana setiap area yang harus ditinggalkan oleh penjaganya harus segera diisi oleh teman terdekat dan yang lain menyesuaikan sehingga tidak ada area yang lowong. GS memiliki pemain belakang tangguh yaitu Aldo dan pemain kaki kiri Parlin sempat mengejutkan ISDC 1 dengan beberapa kali teknik mengecoh lawan dan tembakan-tembakan langsung yang keras. Kiper GS Hadi, yang sempat ragu apakah mampu bermain baik di lapangan keras dengan berulang kali meminta kepada lawan dan panitia supaya dapat bermain di lapangan rumput sintetis, ternyata menunjukkan kemampuannya dengan memblok serangan-serangan dari Edi Rahadi dan Mahmud. Tak ketinggalan Anggiat Siburian dan Novan Hutajulu yang menjaga ketat lini belakang, sementara Mahmud yang juga rajin di lini tengah memberikan assist ke Edy Rahadi sampai pada akhirnya Edy Rahadi yang pada pertandingan ini bermain tampil sangat baik menyarangkan gol pertama ISDC 1.

Di babak kedua beberapa pemain GS tampak mulai frustasi. Pemain bek Aldo mulai banyak melakukan kesalahan dengan sering terburu-buru dan tidak konsentrasi, demikian juga Darsono dan Parlin yang tampak semakin kewalahan menghadapi Novan Hutajulu. Kesempatan ini dimanfaatkan Mahmud untuk memberikan umpan datar ke Edy Rahadi dan menyarangkan gol keduanya. Berakhirnya pertandingan GS dan ISDC 1 dengan skor 2-0.

Babak Final

Di babak Final, baik FC yang sebelumnya mengalahkan Marsal dengan skor seru 4-3, dan ISDC 1 tampak ingin bermain dengan penuh semangat, karena sudah lama ISDC 1 ingin mengicipi bertanding melawan tim unggulan FC. Sejak peluit pertama, pertandingan berjalan sangat menarik. ISDC 1 dengan kostum merah favoritnya menerapkan pola statis 1-2-1 dan mencoba bermain tenang untuk menghemat tenaga karena keterbatasan pemain, sementara FC memiliki cadangan pemain yang tidak terbatas dengan anggaran yang tak terbatas pula. Namun begitu, Kiper Robby C Manurung hampir tidak pernah menyentuh bola karena Novan Hutajulu sangat gigih mempertahankan lini belakang. Anggiat harus bermain cukup keras di sisi kanan dan membantu lini depan menghadapi Tinton, sedangkan Mahmud di sisi kiri dan membantu lini belakang menghadapi Marno dan Thomas, sementara Edy bersiap-siap di depan mencari posisi yang tepat untuk menerima assist dan menyarangkan gol. Banyak peluang dari ISDC 1, namun kiper FC yang jangkung bak van de Sar gigih mempertahankan gawangnya. Masuknya Edy Pitoyo yang baru saja kembali dari Bandung dan dijemput di bandara agar dapat segera samapi di lokasi pertandingan untuk membantu lini depan pun belum membuahkan hasil. Akhirnya babak pertama diakhiri dengan skor 0-0.

Babak kedua, kedua tim makin bermain dengan agresif dan penuh semangat. Masuknya Djuanedi di lini belakang FC sempat membuat serangan ISDC 1 sering tertahan. Di samping itu beberapa kesempatan emas gagal dieksekusi oleh Edy Rahadi. Namun akhirnya, melalui tendangan sudut oleh Mahmud, Edy Rahadi berhasil memecah kebuntuan dengan sundulannya yang membuahkan gol akibat kiper FC yang tidak memperhatikan posisi Edy Rahadi yang ada di belakangnya saat gagal mementahkan umpan lambung dari Mahmud. Semenjak itu, formasi menjadi 2-2 dengan lini depan duo Edy R dan Edy P bermain semakin solid sementara Mahmud dan Novan menjaga lini belakang. Beberapa kesempatan emas sering dilewatkan oleh Edy Rahadi. Namun akhirnya datang juga umpan yang di nanti saat sisi kiri belakang FC lowong, Edy Rahadi melesakkan tendangan kerasnya yang mengirim si kulit bundar ke jaring gawang lawan dan menjadikannya sebagai top scorer dengan mengoleksi total 6 gol. Unggul 2-0, manajer tim ISDC 1 Hadi Mendra menggantikan Edy Rahadi dengan Anggiat agar ISDC 1 bermain defensif. Akhirnya pertandingan yang sangat menggemaskan penonton ini berakhir 2-0. Baik pemain FC maupun ISDC 1 dalam penuh sportifitas dan keakraban mengakhiri pertandingan final ini dengan salam persahabatan dan suasana kegembiraan. Dengan demikian susunan juara turnamen futsal kali ini adalah :

Juara I : ISDC 1

Juara II : FC

Juara III : Marsal

Juara Favorit : GS

Di awal dirundung kekhawatiran akibat krisis pemain, asisten manajer tim Rahmat Mahodum menghubungi mantan manajer tim ISDC 1 yang sudah berhasil membawa tim ISDC 1 memboyong gelar juara Futsal dua tahun berturut yaitu Aa’ Bun. Pesan optimis tetap dibawakan oleh Aa’ Bun kepada para official dan pemain bahwa tim dapat meneruskan tradisi juara tersebut dan berpesan supaya tim jangan lengah dan menganggap enteng lawan. Demikian pula dengan Ketua DPW Sekar ISC dan Kedua DPD Sekar ISDC 1 pun memberikan restu dan semangat kepada tim. Demikian juga mantan kiper kawakan Ermono Lehman Prabowo dan Kiper Utama Yoherman yang sedang dinas ke Bandung pun menyatakan optimismenya.

Sinar kegembiraan dan kepuasan tampak di raut wajah Pembina Bidang Olah Raga Divre 1, Bambang Sutopo, yang tak lain adalah OSM ISDC 1 yang hadir sejak pertandingan pertama mengamati dan memberi semangat pada anak buahnya karena berhasil mempertahankan juara ketiga kalinya. Walau sempat berkehendak meninggalkan lokasi pertandingan karena harus mengikuti turnamen Golf, Bambang Sutopo mengurungkan niatnya dan kembali lagi menggulirkan roda Fortuner-nya ke Total Futsal demi menyaksikan kesempatan emas melihat anak-anak bimbingannya meraih gelar juara ketigakalinya. Di hari pertandingan pertama-pun, dalam kondisi kurang sehat, Bambang Sutopo rela beristirahat sejenak di mobil demi menanti pertandingan kedua melawan PBP. Dalam briefing, didampingi manajer tim Hadi Mendra dan asistennya Rahmat Mahodum, juga para manajer di ISDC 1 yaitu Revi Guspa dan Adi Kurnia, Bambang Sutopo menyampaikan apresiasinya kepada tim ISDC 1 dan juga wejangannya, agar jiwa kompetisi, sportifitas, kekompakan, dan euforia semangat dalam pertandingan ini juga ditunjukkan dalam pekerjaan masing-masing supaya ISDC 1 tidak hanya dikenal di lapangan futsal, tetapi juga dikenal sebagai sebuah tim yang solid dan memberikan support terbaik bagi Divisi Regional 1.

Di event lain, melengkapi gelar-gelar ISDC 1, Pertandingan Tenis Meja di Kandivre 1 di ganda putra jg disabet oleh ISDC 1 melalui pasangan Febri/Hadi, setelah juga menyisihkan pasangan GS Hafis/Trisman.

Demikian ulasan perjalanan ISDC 1 dalam menggapai Juara Pertama “Speed Up Telkom Futsal Internal Tournament” ini.

(CBW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: