Menjadi Kaum Sekuler Yang Membiara Melalui Ordo Fransiskan Awam


Ordo Fransiskan Awam, dalam catatan AD pada halaman 27 disebut: ORDO FRANCISCANUS SAEKULARIS; yang disingkat OFS. Disebut juga FRATERNITAS FRANCISCANUS atau TERTIUS ORDO FRANCISCANUS disingkat TOF.
Ordo Fransiskan Awam adalah persekutuan kaum awam, pria, wanita, yang dalam hidupnya sehari-hari baik di rumah maupun di luar rumah, bercita-cita menghayati Injil Suci Tuhan kita Yesus Kristus, meniru teladan, semangat dan ajaran St. Fransiskus dari Asisi.
Anggotanya adalah kaum awam, mereka bukan imam, bukan biarawan atau biarawati. Karena mereka hidup di tengah masyarakat dan mencari nafkah seperti layaknya anggota masyarakat lain.
Setiap anggota OFS mempunyai cita-cita istimewa, yakni berusaha agar dalam hidupnya sehari-hari, baik di dalam rumah maupun dimana mereka berada ingin mempraktekkan ajaran Injil.
Setiap anggota OFS juga selalu berusaha secara terus menerus meniru semangat dan cara hidup St. Fransiskus dari Asisi, yang dengan riang hati mengikuti jejak Tuhan Yesus. Oleh sebab itu setiap anggota OFS hendaknya selalu akrab dengan Injil.

Tujuan OFS ini adalah mengejar cita-cita dasar hidup setiap orang Kristen – Mengejar kesempurnaan Injil (AD pasal1;2). Sedang bagi anggota OFS lebih dari yang dicita-citakan oleh setiap orang Kristen lainnya, yakni mencapai hidup rohani setinggi-tingginya (menurut Injil seluruhnya). Karena itu setiap anggota OFS tidak bisa lepas dari cara hidup seluruh pribadi Yesus Kristus yang termuat dalam Injil tersebut, sebab begitulah yang dikehendaki Fransiskus. Setiap anggota OFS mesti berusaha “meniru Kristus” berusaha “menjadi seperti Kristus” dan berusaha “mencapai kesatuan dan persatuan” yang mesra dengan Kristus sehingga seperti yang dikatakan St. Paulus: “Bukan lagi aku tetapi Kristuslah yang hidup dalam Aku” (Gal 2:20).

Sebagai orang Kristen, apalagi sekaligus sebagai anggota OFS tentu harus rajin berdoa, dan macam-macam kemungkinan. Misalnya doa offisi, membaca Kitab Suci, Devosi tertentu. Tetapi yang dianjurkan oleh gereja adalah membaca Kitab Suci dan doa offisi teratur setiap hari (minimal doa pagi dan sore). Dalam hal berdoa sama seperti anggota Fransiskan lainnya harus memperhatikan, “memuji dan memuliakan Tuhan” karena kasihnya yang diberikan kepada kita melalui Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Menyembah dan bersyukur kepada-Nya karena rejeki yang kita terima. Mohon rahmat dan kasih-Nya bagi semua orang yang meninggal dunia.

Berikut beberapa lokasi OFS (mohon kesediaannya mengisi komentar jika ada koreksi atau penambahan):
Dewan Nasional OFS
Jln. Sukun I/38 Srondol Wetan
Semarang
Telp. (024) 474-093

Biara St. Bonaventura
Jln. Legi 142 Papringan
Kotak Pos 1029
Yogyakarta 55001
Telp. (0274) 66-021

Provinsialat OFM
Jln. Kramat V/10 – Jakarta 10430
Telp. (021) 310-1940, 390-9941

Biara St. Fransiskus
Jln. Sibolga 21 Pematang Siantar
Sumatera Utara
Telp. (0622) 23-753

Biara OFM
Jln. Sosiri Kotak Pos 129
Abepura – Irian Jaya
Telp. (0967) 81-84

Provinsialat OFMCap
Jln. Adisucipto Km 9,4
Pontianak 78391
Telp. (0561) 21-067

Pastoran Karot
Kotak Pos 801 Ruteng 86508
Flores NTT
Telp. (0385) 21-871

21 responses to this post.

  1. Posted by frank on April 22, 2009 at 12:13 pm

    saya tertarik dgn serikat awan fransiskus.
    franciz asisi adalah nama baptis saya yang tidak mudah saya pilih..

    mungkin saya boleh perkenalan dgn serikat ini, dan tahu cara hidupnya

    salam

    Reply

  2. Posted by boby antonius kaparang on October 8, 2009 at 2:39 am

    “PAX ET BONUM”

    Dominus Vobiscum…!!!
    saya sangat tertarik dengan ordo fransiskan sekuler..
    saya dari kota manado dan saya berniat berkunjung ke biara OFM di jakarta untuk masuk menjadi anggota OFS.
    apa boleh saya bergabung..???

    JBU

    Reply

  3. Posted by Emmanuel Hongky Hadianto, SE on March 15, 2010 at 10:57 am

    Saya mau mewakili Saudara-Saudara OFS di Pontianak mau bertanya, kapan Dewan Nasional akan datang ke Pontianak atau Perwakilannya untuk meresmikan terbentuknya Regio Kaliantan. Terima kasih.

    Reply

    • Posted by Emmanuel Hongky Hadianto, SE on March 15, 2010 at 11:00 am

      Saya bergabung dalam OFS ini belum begitu lama, tapi manfaat yang didapat sungguh luar biasa apa lagi di bimbing oleh Pastor Inno.

      Reply

  4. Posted by cornelius on April 9, 2010 at 4:40 am

    saya dari kediri jawa timur,bagaimana bisa bergabung dengan OFS,mohon penjelasan

    Reply

  5. Posted by Emmanuel Hongky Hadianto, SE on May 9, 2010 at 9:22 am

    Saya bersyukur bisa bergabung dalam OFS ini, banyak pelajaran hidup Fransiskan yang saya dapat semenjak saya bergabung. Walaupun sudah banyak ilmu yang di dapat namun semakin di isi semakin kurang rasanya dan makin merasa diri ini kecil tapi penuh kebahagiaan.

    Reply

    • Posted by christiananda on November 13, 2010 at 2:03 am

      Tertarik dengan pengalaman pribadi bro EHH, teknis menj anggota bisa diceritakan? mhn acct email yg bisa dihubungi. Gratias vobis, chr

      Reply

  6. Posted by dion on July 30, 2010 at 1:47 am

    bagaimana proses untuk bergabung dengan fransiskan awam?apakah ada syarat2 khusus?

    Reply

  7. Posted by Fransiskus Asisi Syofian on August 16, 2010 at 8:06 am

    Selamat siang saudara Fransiskan

    Salam kenal dari saya, saya ingin sekali mendalami spiritualitas fransiskan dan menggunakannya dalam hidup saya untuk semakin dekat dengan Tuhan.
    Saya tertarik dengan cara hidup yang radikal seperti Santo Fransiskus Asisi, namun sebagai awam yang berkeluarga, saya juga agak ragu bagaimana cara saya menghidupi semangat fransiskan ini. Oleh karenanya, jika Tuhan berkenan, saya ingin bergabung dalam komunitas ini OFS agar saya semakin mantap mengikuti jejak Kristus dengn spiritualitas fransiskan.

    Bolehkah saya diberikan bimbingan oleh Sadara-saudari, untuk tercapainya keinginanku ini.
    Terima kasih sebelumnya.
    Berkah Dalem

    Reply

  8. apa ja syaratnya menjadi anggota ordo fransiskan kaum awam???

    Reply

  9. Posted by christ on November 14, 2010 at 1:14 pm

    Bila domisili di Jakarta, bisa langsung menghubungi Provinsialat OFM, siapa yg bisa dikontak disana? gratias vobis

    Reply

  10. Posted by BENEDIKTUS HANDY on February 17, 2011 at 8:30 am

    Saya tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang serikat awam fransiskan.
    bagaimana caranya untuk dapat informasi lebih lengkap karena sudah lama sekali saya ingin bergabung di dalam serikat awam fransiskan.

    Thanks
    Handy

    Reply

    • bisa menghubungi lokasi2 yg saya sebutkan di atas.
      kalau mas Handy ada di Medan, bisa menghubungi bp Ginting 08126542722 atau datang ke Biara Emaus medan minggu ke 2 dan ke 4. Jam 16.00
      Berkah Dalem

      Reply

  11. Posted by Emmanuel on October 2, 2011 at 10:27 pm

    Dewan Nasional OFS
    JD. FERNANDEZ OFS
    Jln.Mayor Oking Jaya Admajaya No 15 / 516
    Cibinong 16918 BOGOR, JABAR

    Reply

  12. Posted by Subarkah on October 13, 2011 at 7:49 pm

    Salam kenal, saya tinggal di depok dekat novisiat transitus, kapan ada acara bersama saudara2 Fransiskan Sekuler? Saya ingin bergabung? Mksih.

    Reply

  13. menarik dan gbu

    Reply

  14. Posted by bagus on November 13, 2012 at 2:33 am

    salam…..
    Terpikirkan oleh saya suatu ketika ada asosiasi atau perkumpulan atau komunitas atau organisasi yang memfasilitasi para anggota ordo sekuler bertemu sapa atau berelasi menjalin keakraban dan persaudaraan.

    Reply

    • Silakan search di Facebook : PFSO — Persaudaraan Fransiskan Sekuler Online🙂 Mungkin bisa menjadi start yang bagus. Beberapa komunitas secara terpisah juga berjalan, ada yang online spt PFSO, ada yg bertatap muka. Salah satu yang saya tau ada di biara Kapusin di Helvetia Medan.
      Berkah Dalem

      Reply

Leave a Reply

