Paulus, The Great Apostle – Belum Kelar….


Susah membayangkan bahwa saya harus membawakan Pendalaman Kitab Suci, apalagi tahun ini adalah Tahun Paulus (Juni 2008 – Juni 2009). Membaca KS secara rutin saja tanda tanya, mengulas sendiri? Hmm … (geleng kepala)… Surat2 Paulus… ini bagian Perjanjian Baru yang paling berat!! Tapi tugas harus jalan J Jadi sebagai ketua lingkungan tetap harus dijalankan dengan suka cita J Tetapi kalau boleh saya bilang, saya cukup bangga diberi kesempatan untuk ini. Setelah saya coba dan pelajari, cari sana sini demi agar bisa membawakan pendalaman KS, ternyata banyak hal yang menarik juga.

Pertemuan pertama – Pertobatan Paulus

Ini cerita klasik, hampir semua orang tau kisah ini. Tapi apa nilai yang didapat? Apakah sekedar pertobatan? Kalau mau diikuti siapa sekarang yang sanggup menjadi seorang Paulus? Bertobat dan berubah secara radikal. Dari pembunuh menjadi pewarta paling wahid. Bahkan tidak ada satu pun pernyataan pengangkatan Paulus menjadi seorang Rasul dalam artian masuk dalam himpunan 12 Rasul. Tapi orang Kristen mana yang tidak mengakui Paulus sebagai Rasul yang kemudian mati menjadi martir dengan dipenggal (Lihat symbol Tahun Paulus di mana ada pedang tergambar di dalamnya).

Pertemuan Kedua – Tantangan Paulus

Di sela-sela hujan deras dan perjalanan jauh menuju rumah Pak Handy di Oma Deli, walaupun peserta sedikit tapi dengan adanya suster dan pastor yang juga datang untuk memberkati rumah pak Handy, akhirnya acara berjalan dengan sempurna. Baru kali ini saya mendengar langsung dari anggota lingkungan yang dengan jujur bercerita masalah-masalah yang pernah mereka hadapi yang sangat berat dan mereka berhasil memasrahkan diri dan masalah mereka dan melihat bahwa pengalaman itu bukan sebagai kebetulan belaka, namun sebagai campur tangan Tuhan. Mungkin sedikit cerita mereka sedikit menguak masa lalu mereka, tetapi untuk itu saya acung jempol dan salut dengan mereka.

Pertemuan Ketiga – Nasihat Paulus

Dalam hal acara, inilah yang paling saya sukai. Walaupun tidak ada pastor tapi pesertanya sangat antusias saat sharing. Di tema kali ini ada beberapa nilai yang bisa diangkat:

  1. Paulus dalam keadaan apapun bahkan di penjara masih mampu memberikan nasihat-nasihat (untuk umat di Filipi)
  2. “Bersukacitalah!” Kalimat ini sederhana, tapi semangatnya luar biasa.
  3. “Berpasrah dengan penuh sukacita”

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: